.:: DAPATKAN PULSA GRATIS DISINI ::.

.:: AYO TERTAWA BARENG DISINI ::.

Mengembalikan Service Print Spooler yang hilang

Posted by Donny Kurniawan on



Masalah printer yang ngadat dan tidak bisa mencetak / ngeprint biasanya sering kita jumpai terutama untuk printer yang dipake bersama-sama (di-share). Salah satu diantara penyebabnya adalah programnya. Dalam postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara memperbaiki service print spooler yang hilang dari jendela windows services.

Kejadian Service Print Spooler yang hilang dari jendela services windows biasanya ketika kita telah meng-cloning hardisk ke hardisk yang lain dengan menggunakan norton ghost. Setelah hardisk hasil cloning dipasang dan komputer dijalankan semuanya berjalan tampak normal, tetapi ketika hendak meng-add printer terjadi error yang menyatakan service print spooler tidak jalan (not Running)

Lihat jendela windows services dengan cara klik start - run ketik: services.msc untuk mengaktifkan / start service print spooler, Kadang telah kita cari-cari ternyata Service Print Spooler telah hilang dari jendela  Services. Kita mencoba melakukan troubleshooting sebagai berikut:
  1. Memastikan file spoolsv.exe dan folder spool terdapat pada folder C:\WINDOWS\system32 dan ternyata masih ada dan tampak normal.
  2. Masuk ke registry editor, klik start - run ketik: regedit dan mencari "print spooler" dan ternyata lokasinya ada di:
    HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Spooler.
  3. Bandingkan isi key registry tersebut dengan komputer yang lain, dan ternyata isinya berbeda.
  4. Kita-import key spooler tersebut dari komputer yang normal dan setelah selesai komputer kemudian di-restart.
  5. Setelah komputer di-start lagi,  service print spooler telah nongol lagi dijendela Windows Services.