Ketika kita sedang menggunakan komputer di tempat kerja / kantor, sebaiknya mengunci komputer sebelum meninggalkannya. Ini untuk mencegah orang lain yang iseng mengutak-atik komputer atau file yang sedang kita kerjakan.
Ada beberapa cara yang dapat digunakan utuk mengunci komputer ini, berikut adalah caranya :
- Sedangkan apabila komputer Anda merupakan anggota dari Workgroup atau tidak terhubung ke jaringan, maka untuk mengunci komputer kita harus melakukannya dengan menekan tombol CTRL+ALT+DEL kemudian jendela Task Manager akan terbuka dan kita pilih menu Shutdown - Lock Computer.
Apabila Anda pengguna komputer stand alone atau anggota dari Workgrouptetapi ingin mengunci komputer dengan tampilan menu seperti cara no.1 ketika menekan tombol CTRL+ALT+DEL, maka kita harus mensetting terlebih dahulu, caranya :
- Klik Start - Control Panel
- Double klik icon User Accounts
- Pada pilihan Pick a task.. klik "change the way users to log on or off".
- Pada pilihan "Select logon and logoff options" hilangkan tanda check pada option "Use the welcome screen"
- Klik Apply options.
- Sekarang untuk mengunci komputer, Anda cukup menekan tombolCTRL+ALT+DEL dan tekan tombol "LOCK COMPUTER".
Tambahan: dengan menghilangkan tanda check pada pilihan "Use the welcome screen" maka tampilan awal windows juga akan berubah yaitu tidak akan munculnya tampilan "welcome screen" yang menampilkan daftar user yang ada di komputer tersebut.