Apabila Ms Word biasa disebut sebagai Program Pengolah Kata, maka Ms Office Excel bisa dikatakan sebagai Program Pengolah Angka. Karena dengan Ms Office Excel ini kita bisa membuat macam-macam dokumen yang berisi rumus dan kalkulasi angka dengan lebih mudah. Bagi Anda pengguna Ms Excel 2007, berikut ini adalah beberapa tips Ms Excel 2007 yang mungkin belum diketahui.
1. Mengubah tampilan Color Scheme.
Setelah di-install, tampilan color scheme Microsoft Office 2007 adalah biru muda. Sebenarnya kita masih bisa menggunakan alternatif warna yang lain yaitu warna silver dan hitam. Untuk mengubah tampilan color scheme, dengan cara berikut :
- Sorot dan klik Tombol logo Office, pada bagian bawah klik Excell Option
- Pada Menu Popular, carilah Color Scheme dan gantilah color scheme dengan warna pilihan Anda.
2. Enable dan Disable Automatic Workbook Calculation
Secara default pilihan untuk Workbook Calculation ini adalah Automatic. Artinya ketika pengguna membuat sebuah formula (misalkan perintah penjumlahan), maka apabila ada nilai input ada yang berubah, maka secara otomatis hasil penjumlahan pun akan berubah. Lain halnya apabila piliha Automatic ini tidak kita pilih, maka unntuk mengetahui hasil akhir penjumlahan kita harus menekan tombol Enter pada cell yang berisi rumus (formula penjumlahan) tersebut. Untuk mengubah opsi Workbook Calculation ini caranya berikut ini :
Untuk penggunaan Auto Recover pada Microsoft Excel caranya sama dengan penggunaan Auto Recover pada Microsoft Word yang pernah saya bahas.
4. Baris dan Kolom Pertama tetap terlihat.
Kadangkala kita memerlukan tampilan agar baris pertama yang kita jadikan judul tetap terlihat ketika kita menggeser (scroll) data yang terdapat dibawahnya. Untuk melakukan hal ini kita bisa mengaktifkan Freeze Pane pada menu View. Caranya cukup dengan menentukan baris atau kolom yang dikehendaki kemudian klik menu View, klik Freeze Panes dan pilih pilihan Freeze Top Row atau Freeze First Colom.
5. Mengulang Baris Pertama disetiap cetakan
Apabila dalam tips yang ke-4 kita bisa menampilkan baris tertentu misalnya judul tabel ketika menscroll data kebawah, maka apabila kita menginginkan baris tertentu atau judul tersebut berada pada setiap halaman yang akan kita print, maka kita bisa menggunakan opsi "Row to repeat at top". Caranya berikut ini :
Untuk melindungi worksheet yang telah dibuat, kita bisa mengunakan pilihan Protect worksheet pada menu Review. Masukan password dan tentukan tingkat proteksi pada pilihan.
Secara default pilihan untuk Workbook Calculation ini adalah Automatic. Artinya ketika pengguna membuat sebuah formula (misalkan perintah penjumlahan), maka apabila ada nilai input ada yang berubah, maka secara otomatis hasil penjumlahan pun akan berubah. Lain halnya apabila piliha Automatic ini tidak kita pilih, maka unntuk mengetahui hasil akhir penjumlahan kita harus menekan tombol Enter pada cell yang berisi rumus (formula penjumlahan) tersebut. Untuk mengubah opsi Workbook Calculation ini caranya berikut ini :
- Sorot dan klik Tombol logo Office,, pada bagian bawah klik Excell Option
- Klik Sub menu Formula, dan pilih Automatic pada workbook Calculation
- Selain cara diatas dapat pula menggunakan menu Formula, lalu klik Calculation dan klik lagi Calculation Option.
Untuk penggunaan Auto Recover pada Microsoft Excel caranya sama dengan penggunaan Auto Recover pada Microsoft Word yang pernah saya bahas.
4. Baris dan Kolom Pertama tetap terlihat.
Kadangkala kita memerlukan tampilan agar baris pertama yang kita jadikan judul tetap terlihat ketika kita menggeser (scroll) data yang terdapat dibawahnya. Untuk melakukan hal ini kita bisa mengaktifkan Freeze Pane pada menu View. Caranya cukup dengan menentukan baris atau kolom yang dikehendaki kemudian klik menu View, klik Freeze Panes dan pilih pilihan Freeze Top Row atau Freeze First Colom.
5. Mengulang Baris Pertama disetiap cetakan
Apabila dalam tips yang ke-4 kita bisa menampilkan baris tertentu misalnya judul tabel ketika menscroll data kebawah, maka apabila kita menginginkan baris tertentu atau judul tersebut berada pada setiap halaman yang akan kita print, maka kita bisa menggunakan opsi "Row to repeat at top". Caranya berikut ini :
- Sorot dan klik menu Page Layout - klik Print title, dan pada pilihan Row to repeat at top tentukan baris yang kita kehendaki.
Untuk melindungi worksheet yang telah dibuat, kita bisa mengunakan pilihan Protect worksheet pada menu Review. Masukan password dan tentukan tingkat proteksi pada pilihan.
Semoga Tutorial ini membantu Sobat...